Header Ads

Kecamatan Gedung Meneng Juara Lomba Siskamling


MesujiPost.Com | Kecamatan Gedung Meneng yang diwakili oleh Kampung Gunung Tapa Tengah berhasil meraih juara pertama dalam lomba Siskamling Tingkat Kabupaten Tulang Bawang, Kampung gunung tapa tengah ini adalah kampung binaan Aipda Eko Sunaryo anggota bhabinkamtibmas Polsek Gedung Meneng.

Lomba siskamling ini diikuti oleh seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Penilaian meliputi administrasi, kelengkapan alat Sikamling dan ketrampilan petugas Kamling.

Penyerahan hadiah sendiri diberikan langsung oleh Bupati Tuba Hj. Winarti SE, MM di Gedung Serba Guna pemda Tuba pada Selasa (20/03/2018) pukul 14.00 Wib.

Bupati Tuba mengatakan lomba siskamling tingkat kabupaten yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Tuba ke-21. Tidak hanya pihak kepolisian yang dituntut untuk menjaga keamanan, tetapi masyarakat juga terlibat.

“Peran serta masyarakat memang sangat penting, apalagi banyak kasus-kasus pencurian di kampung. Sehingga, dengan adanya lomba siskamling ini, warga kampung bisa menghidupkan kembali tradisi ronda pada saat malam hari guna menciptakan situasi yang aman,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih oleh kampung gunung tapa tengah ini sebagai bukti kepedulian masyarakat di sekitarnya tentang pentingnya sebuah ketertiban dan kamanan lingkungan masing-masing. Namun semua tidak lepas dari rasa persatuan, kebersamaan dan kekompakan warga masyarakat yang terus selalu mejaga keamanan.

“Ini juga merupakan hasil dari kerja sama antara aparatur kampung, pemuda dan tokoh masyarakat, Kekompakan ini tidak hanya di satu kegiatan, namun pada kegiatan yang lain juga. Memang seperti yang kami harapkan kerja sama yang terjalin seluruh eleman masyarkat baik dengan pihak keamanan,” ucapnya.

Pada  penilaian poskamling, tim  penilai melakukan pengecekan kelengkapan beserta administrasinya,  personel yang melaksanakan ronda termasuk fungsi dan tugasnya, pengecekan cara membunyikan kentongan karena entongan itu paling efektif, selain bisa membuat sendiri, juga mempunyai suara lantang. Apabila dipukul, semua warga bisa mendengar dan keluar rumah kalau sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan.

Jurnalis : Chandra Foetra S.

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.