Header Ads

Alhamdulillah, Mesuji Dapat Hibah Kapal Pelra dari Kemenhub


MesujiPost.Com | Penandatanganan serah terima hibah naskah perjanjian dan berita acara kapal pelayaran rakyat dilakukan Bupati Mesuji Khamami didampingi Kepala Dishubkominfo Widada Prawira di Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/04/2018) dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Mesuji menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang mendapat bantuan kapal pelayaran rakyat ini. Rencananya kapal ini akan dioperasikan untuk transportasi dengan rute Wiralaga – KTM – Sungai Sidang melintasi Sungai Mesuji. Selain itu, kapal ini juga dapat menunjang wisata air di Kabupaten Mesuji,” ucap Khamami saat acara.

Adapun kapal yang akan dihibahkan untuk Mesuji adalah KM Banawa Nusantara 7 yang terbuat dari bahan dasar kayu dengan spesifikasi panjang 13,5 meter dan lebar empat meter, dengan kapasitas 24 tempat duduk dan muatan maksimal 15 ton. Tahun ini, pihaknya juga masih mengupayakan penambahan bantuan kapal lagi dari Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kesempatan itu menyerahkan 24 unit kapal pelra kepada 24 kabupaten/kota. Budi mengatakan penyerahan kapal ini sebagai upaya pelayaran rakyat di daerah agar akses mudah dijangkau. Tujuan ini sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo membangun dari pinggiran dengan konektivitas.

Adapun dana yang digelontorkan Pemerintah untuk 24 kapal pelra tersebut adalah sekitar Rp 58 milyar yang berasal dari APBN Tahun Anggaran 2017. Sementara untuk tahun 2018, Kementerian Perhubungan mengalokasikan dana sebesar Rp 300 milyar untuk 100 kapal pelra.

(Chandra Foetra S/Humas Mesuji)


Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.