Header Ads

Kementrian Desa Dorong Percepatan Pembangunan di Mesuji


MesujiPost.Com | Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) pada tahun 2018 ini kebanjiran berbagai jenis bantuan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PMD Sunardi, SE., pada awak media, Belum lama ini menuturkan, bantuan itu berasal dari Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, dimana bantuan itu diberikan guna mempercepat pembangunan dan ekonomi masyarakat di desa.

Sunardi mengatakan bahwa, pihak Kementrian Desa sangat bangga dan mendukung keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Mesuji di bawah komando Bupati Khamami, berbagai inovasi yang dilakukan sangat nyata terlihat, geliat pembangunan baik di Kabupaten maupun di desa-desanya.

“Untuk itu, guna mendukung percepatan pembangunan desa, pihak Kementrian Desa terus mengucurkan berbagai bantuan untuk Kabupaten Mesuji,” kata Sunardi.

Selanjutnya kata dia, adapun bantuan tersebut yaitu berupa Penyertaan Modal untuk badan usaha milik desa (Bumdes) bagi sebanyak 17 desa di 3 Kecamatan, yakni Mesuji, Mesuji Timur, dan Rawa Jitu Utara, yang masing-masing senilai Rp. 50 juta. Selain itu, ada juga bantuan untuk Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) senilai Rp. 30 juta bagi 34 kelompok usaha.

Sunardi menjelaskan, tahun ini Mesuji juga akan mendapat bantuan Handtracktor sebanyak 19 unit, Rumah Pajang 1 unit, Revitalisasi Pasar Desa sebanyak 3 unit untuk Desa Mukti Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Desa Pancawarna, Kecamatan Way Serdang dan Desa Gedung Ram, Kecamatan Tanjung Raya.

Selain itu, Pemerintah Pusat juga memberi bantuan Embung untuk 3 Desa, yakni, Desa Adimulyo, Kecamatan Panca Jaya, Desa Jaya Sakti, Kecamatan Simpang Pematang dan Desa Tanjung Menang, Kecamatan Mesuji Timur.

“Sebelumnya kita juga sudah mendapat bantuan alat pasca panen dari Dirjen PKP Kementrian Desa yaitu 3 unit Mesin pemanen padi (Combaine Harvaster) yang akan digunakan untuk 16 desa, di dua kecamatan yakni Kecamatan Mesuji dan Mesuji Timur. Itu sudah kita serahkan langsung melalui Bumdes Bersama untuk pengelolaannya,” tutupnya.

Jurnalis : Roby Herliansyah
Editor  : Niki Putune Sinten


Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.