Header Ads

Kepala LAN RI Puji Pembangunan Swakelola Ala Bupati Khamami



MesujiPost.Com | Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Adi Suryanto memuji langkah yang dilakukan oleh Bupati Mesuji Khamami dengan pembangunan secara swakelola selama ini di Kabupaten Mesuji. Hal itu disampaikannya saat acara penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama antara LAN RI dengan Pemerintah Daerah di Jakarta, Senin (03/04/2018).

Menurut Adi, inovasi selalu diperlukan untuk mengatasi tantangan dan keterbatasan yang ada. Setiap daerah memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda satu sama lain sehingga inovasi yang dihasilkan juga berbeda-beda.
Selain Bupati Mesuji, pada kesempatan itu Kepala LAN RI juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan empat kepala daerah lain, diantaranya Walikota Probolinggo Rukmini, Bupati Banggai Herwin Yatim, Bupati Tuban Fathul Huda, dan Bupati Agam Indra Catri. Dia mengapresiasi seluruh kepala daerah yang hadir mewakili Pemerintah Daerah masing-masing yang menandakan komitmen yang tinggi dari kepala daerah untuk melakukan perubahan dan berinovasi.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan kloter pertama di tahun 2018 yang dilakukan oleh LAN RI dengan Pemerintah Daerah. Saya berharap kerjasama ini tidak hanya berhenti di atas kertas, namun yang lebih penting adalah tindak lanjutnya untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini Pemkab Mesuji memiliki kurang lebih sebanyak 60 alat berat yang siap digunakan untuk mendukung pembangunan secara swakelola di Kabupaten Mesuji kapan pun dan di mana pun. Inovasi ini telah dimulai sejak tahun 2013 dan saat ini kondisi infrastuktur jalan telah jauh meningkat pesat dari kondisi sebelumnya.

Pada tahun 2018 ini, pembangunan secara swakelola berlanjut pada pembangunan jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Mesuji dengan rigid beton kurang lebih sepanjang 100 kilometer sampai tahap lean concrete. Dengan skema penyediaan material dilakukan oleh pihak ketiga, untuk pekerjaan job mix menggunakan alat berat milik Pemkab Mesuji, sedangkan pelaksanaannya menggunakan tenaga kerja masyarakat sekitar yang sudah terlatih secara padat karya (cash for work).

Jurnalis : Robi.
Editor.    : Chandra Foetra S.

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.