Header Ads

Ribuan Warga Padati Perhelatan Tabligh Akbar di Polres Tulang Bawang


MesujiPost.Com | Kepolisian Resor (Polres) Tulang Bawang menggelar perhelatan Tabligh Akbar, untuk memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhmmad SAW 1439 H / 2018 M, pada Jum’at (20/4) di Lapangan Polres setempat.

Sebelum acara dimulai, Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si yang datang bersama dengan Dir Binmas Kombes Pol Drs. Johni Soeroto berkesempatan untuk melakukan berbagai macam kegiatan di Polres ini, mulai dari meninjau langsung sunatan massal, pemasangan alat KB, donor darah, pemusnahan miras, pemberian hadiah kepada pemenang lomba, pemberian paket umroh dan pemberian sepeda motor kepada bhabinkamtibmas (bhayangkara Pembina keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Raswanto Hadiwibowo, SIK, M.Si mengatakan, dari target 50 orang untuk sunatan massal, karena antusias warga yang sangat tinggi, hingga jumlah peserta meledak menjadi 127 orang. “Tapi semua peserta sunatan massal yang datang, bisa dilayani semua dengan maksimal oleh petugas medis yang memang telah kami siapkan, mereka (anak-anak) ini mendapatkan bingkisan berupa baju koko, kain sarung dan peci usai disunat,” terangnya.

Ditempat pesangan alat KB tidak kalah ramainya, disini rata-rata diikuti oleh ibu-ibu yang berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, mereka sangat merasa terbantu sekali dengan pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan Donor darah yang dilaksanakan juga tidak kalah ramai diikuti oleh peserta donor darah. “Pendonor berasal dari personel polri dan masyarakat, target dikegiatan ini adalah mendapatkan 100 kantor darah yang berisi tiap kantongnya sebanyak 250 cc, alhamdulillah dari 100 pendonor bisa diperoleh 97 kantong darah, semua kantong darah tersebut langsung diberikan kepada PMI (palang merah Indonesia) Tulang Bawang, sehingga masyarakat yang membutuhkan darah bisa langsung datang ke PMI Tulang Bawang,” terang Raswanto.

Usai melihat kegiatan bakti kesehatan, Kapolda yang didampingi langsung Kapolres Tulang Bawang langsung menuju ke tempat pemusnahan miras (minuma keras), miras ini berasal dari pabrikan dan tradisional, yang mana ini merupakan hasil KKYD (kegiatan kepolisian yang ditingkatkan) oleh Polres dari tanggal 11 – 19 April 2018. “Dengan berhasil menyita sebanyak 1885 botol miras berbagai merk dan 1140 liter tuak, semua miras ini langsung dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat compactor ditempat yang telah disediakan,” ucap Raswanto.

Selanjutnya Dir Binmas berkesempatan untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, yaitu lomba seni baca al-quran yang telah dilaksanakan pada Rabu lalu (18/4)  dan lomba hadroh yang juga telah dilaksanakan pada Kamis lalu (19/4). “Untuk lomba baca al-quran, pemenang mendapatkan uang pembinaan, trofi dan piagam yang diikuti oleh 31 peserta terdiri dari 14 putra dan 17 putri sedangkan untuk lomba hadroh, pemenang mendapatkan uang dan trofi yang diikuti oleh 20 group hadroh,” urai Raswanto.

Lanjut Raswanto, acara berlanjut dengan pemberian paket umrah yang diserahkan langsung oleh Kapolda kepada 7 orang, “mereka adalah 3 orang personel Polres Tulang Bawang dan 4 orang marbot (pengurus masjid),” ucapnya. Kapolda juga secara simbolis memberikan17 unit sepeda motor, terdiri dari 18 unit Yamaha KLX dan 3 unit motor Yamaha Mio Soul, untuk sepeda motor matic Yamaha Mio Soul diperuntukkan untuk bhabinkamtibmas polwan (polisi wanita).

Acara puncak perhelatan Tabligh Akbar pun dimulai, yang diawali dengan sambutan langsung Kapolda Lampung, “beliau berkata bahwa kegiatan keagamaan ini dilaksanakan, tidak lain untuk mempererat tali silaturahmi antar umat dan menjaga ukhuwan islamiyah, sehingga tidak terjadi perpecahan di dalam umat islam,” ujarnya.

Usai memberikan pidatonya, Ust. Subki Al-Bughury, S.Sos.I langsung memberikan tausiyahnya kepada ribuah umat yang telah menunggu dari tadi, dalam tausiyahnya Ust. Subki menjelaskan tentang pentingnya menjaga tali silaturahmi, sehingga umat islam tidak mudah terpecah belah, akibat isu-isu yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kegiatan Tabligh Akbar memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H / 2018 M, dihadiri oleh Kapolda Lampung, Dir Binmas Polda Lampung, Kapolres Tulang Bawang, Danlanud Pangeran M Bunyamin, Kajari Tulang Bawang, Wakil Bupati Tulang Bawang, Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang, Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat, Pejabat Utama Polres Tulang Bawang, Kapolsek Jajaran dan personel Polres Tulang Bawang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan lima ribu warga masyarakat yang berasal dari Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Tulang Bawang Barat.
**(ADV)**



Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.