Header Ads

Bupati Khamami Hentikan Mobil Fuso Bermuatan Lebih, Dinas Perhubungan Menilang


MesujiPost.Com | Bupati Mesuji, Khamami menghentikan mobil Fuso yang bermuatan melebihi tonase yang sudah ditetapkan, seperti mobil-mobil yang memuat sawit yang melaju di ruas jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji, tepatnya di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjungraya, Rabu (30/5/2018).

Hal ini ditengarai, karena jalan tersebut khusus kelas jalan 3c, batas kapasitas muatan kendaraan yang melintas maximal 8 ton.

"Di sini mobil-mobil Fuso yang bermuatan melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan dilarang melintas," singkat Khamami kepada mesujipost.com, di lokasi kejadian.

Sementara pemilik kendaraan dan muatan (sawit), Habib, mengaku belum mengetahui bahwa ruas jalan milik Pemkab Mesuji itu maximal batas berat kendaraan yang boleh melintas hanya 8 ton. "Nah baru tahu saya mas. Kayak mana lah ya, saya sudah biasa kok melintas di sini," akunya.

Ke depan, Habib berjanji bakal mematuhi peraturan yang diberlakukan Pemkab Mesuji ini. "Kalau sudah tahu begini, Insyaallah saya tidak akan melanggar lagi kok pak, asal tidak ditilang ya," Ungkap nya.

Akhirnya, mobil Fuso itupun di berikan tindakan tegas berupa sangsi tilang oleh Dinas Perhubungan Mesuji "Tadi Fuso itu kami tilang, karena over load (kelebihan muatan), kemudian KIR nya mati," kata Kadis Perhubungan Mesuji, Widada, usai melakukan pemeriksaan mobil Fuso tersebut.

Dikatakan Widada, pemberlakuan batas maksimum muatan ini berdasarkan UU no 22 tahun 2009 "Dipasal 19, pengelompokan kelas jalan, khusus kelas 3 ukuran kendaraan lebar 2100 mm, sedangkan panjang 9000mm, dan tinggi 3500mm. Dan muatan sumbu terberat, 8 ton," jelasnya.

Sedangkan sangsi, sambung dia, untuk mobil yang melanggar dipasal 274, berbunyi denda paling banyak 24 juta rupiah "Atau penjara kurungan paling lama 1 tahun," pungkasnya.

Penulis : Boim
Editor : Roby

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.