Header Ads

Pengadaan Sumur Bor Sebanyak 50 Titik DAK 2017 Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Terbengkalai, Diduga Kepala Dinas Terima fee 10 Persen


Proyek Pengadaan Sumur Bor sebanyak 50 titik yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2017 di Kabupaten Tulang Bawang Tidak Terealisasi 100%, oknum Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang, diduga menerima uang fee 10 % Pada Proyek Pembuatan Sumur Bor di Tahun 2017.

Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pertanian adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja Negara (APBN), yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus, yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional, khususnya untuk membiayai kebutuhan prasarana dan sarana dibidang pertanian, yang belum mencapai standar pelayanan minimal atau untuk mendorong percepatan pembangunan daerah,” bunyi Pasal 1 ayat 1 Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 45/Permentan/FC.120/12/2017, tanggal 22 Desember 2017.

Ditahun 2017, Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang mendapatkan DAK untuk pembuatan sumur bor sebanyak 50 (lima puluh) titik, yang tersebar di beberapa kecamatan.

Pagu anggaran yang disediakan, untuk setiap titik pembuatan sumur bor adalah sebesar Rp. 91.360.000,- (sembilan puluh satu juta tiga ratus enam puluh ribu rupiah), jadi total semua anggaran untuk 50 titik sebesar Rp. 4.568.000.000,- (empat miliar lima ratus enam puluh delapan juta rupiah).

Dari hasil investigasi yang dilakukan oleh Lampungdaily.com kepada narasumber yang enggan disebutkan namanya, memperoleh data yang cukup mencengangkan. “Oknum Kepala Dinas Pertanian berinisial SO, meminta fee sebesar 10 % kepada pelaksana proyek di setiap titik pembuatan sumur bor,” paparnya.

Sudah bisa dipastikan berapa banyak uang yang diraup oleh oknum kepala dinas pertanian tersebut, tentunya cukup mencengangkan karena nilainya mencapai Rp. 456.800.000,- (empat ratus lima puluh enam juta delapan ratus ribu rupiah).

Tentunya, akan berdampak kepada kwalitas dari pembuatan sumur bor sebanyak 50 titik di tahun 2017, yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.

Sebelumnya ini ditayangkan, lampungdaily.com sudah mencoba menemui Kepala Dinas Pertanian yang berinisial SO diruang kerjanya, Senin (28/05/2018), namun tidak ada ditempat, dan beberapa kali dihubungi dan sms lewat telpon seluler miliknya pun selalu tidak ada jawaban.

Penulis : Prabu
Editor.   : Chandra Foetra S




Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.