Header Ads

TNI-Polri Bersama Pemda Tanggamus Tinjau Pos Pengamanan Mudik Lebaran 2018


MesujiPost.Com | Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si bersama bersama Sekda Tanggamus Andi Wijaya, ST dan Dandin 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo melaksanakan peninjauan Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Pekon Sedayu Kecamatan Semaka Tanggamus, Jumat (8/6/18).

Peninjauan dilaksanakan guna mengetahui kesiapan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2018, sekaligus memberikan bingkisan kepada petugas pengamanan di Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan di Kabupaten Tanggamus.

Disetiap Pospam yang ditinjau, Forkopimda disuguhkan pemaparan oleh Kapospam guna memberikan gambaran pengamanan yang meliputi wilayah rawan Kariminalitas maupun rawan macet dan rawan bencana.

Kapolres AKBP I Made Rasma mengatakan peninjauan dalam rangka pemantauan ke pos pos pengamanan yang kita dirikan bersama-sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus tujuannya adalah untuk memastikan bahwa personil pengamanan telah siap, pos pengamanan telah siap sehingga kita mampu mengamankan jalannya kegiatan arus mudik dan arus balik selama kegiatan lebaran.

"Nantinya fungsinya pos pengamanan ini sebagai tempat untuk memberikan pelayanan masyarakat seperti pengaturan lalu lintas termasuk menjamin keamanan pada lokasi-lokasi yang rawan Kriminalitas. Jadi titik kumpulnya di pos pos pengamanan kemudian mereka akan geser ke lokasi yang dibutuhkan," kata AKBP I Made Rasma di Pospam Kota Agung, Jalan Raya Talagening Kota Agung Barat.

Sambungnya, untuk Pospam sendiri mencapai 25-30 orang terdiri dari Kpolisian, TNI, Pemerintah Daerah, potensi masyarakat seperti pramuka dan lain sebagainya.

"Untuk piket terbagi 3 shift, selain itu di Pospam telah disiapkan layanan kesehatan bagi pemudik yang melaksanakan mudik," jelasnya.

Untuk segi kelengkapan, Kapolres menegaskan dari hasil tinjauan semua Pospam sudah cukup lengkap, hal itu juga dipengarui karena setiap tahun Polres Tanggamus sudah rutin melaksanakan pengamanan.

"jadi personil sudah paham apa yang harus dilakukan, SOPnya seperti apa sudah faham," tegasnya.

Ditambahkan Kapolres terkait backup Sniper, secara tersendiri disiapkan di titik-titik yang rawan, namun Kapolres tidak dapat diungkap ke publik karena bersifat rahasia. "intinya memberikan jaminan keamanan kepada para pemudik dan masyarakat yang benar-benar aman selamat sampai tujuan," tandasnya.

Ditempat sama, Sekda Andi Wijaya menjelaskan berdasarkan tahap awal Pemkab Tanggamus telah melakukan rapat persiapan serta penempatan personil, maping lokasi, sarana dan prasarana.

"Dan hari ini kita memastikan apa yang kita bicarakan itu berjalan dengan baik, itu tentunya guna menjamin keamananan dan kelancarara bagi pemudik," ungkapnya.

Sekda juga menghimbau agar pemudik berhati-hati karena keaman itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab masyarakat ataupun pemudik itu sendiri. "Artinya partisipasi dari mereka, jika lelah diharapkan beristirahat," himbaunya.

Dandim menambahkan, untuk membantu menjaga pemudik, Kodim menerjunkan 1/3 personil dalam kegiatan pengamanan arus mudik. "kami juga bergabung dengan pihak kepolisian dan pemerintah daerah di posko-posko koordinasi selain itu juga kita menyiapkan Koramil Koramil yang siap disinggahi sebagai rest area," pungkasnya. (Rendi Ronaldo/Azhimi)

Penulis : Azhimi/Rendi Ronaldo
Editor    : Chandra Foetra S

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.