Header Ads

Terjadi Di Pringsewu, BBM Naik Rakyat Menjerit, LPG Naik Mahasiswa Gelar Aksi


MesujiPost.Com | Pringsewu,- Ratusan Mahasiswa Pringsewu Bersatu dan Elemen Mahasiswa di Kabupaten Pringsewu gelar aksi demo tentang kenaikan BBM dan LPG bersubsidi di depan tugu gajah dan Gedung DPRD Kabupaten Pringsewu, Kamis (12/7/2018).

Kordinator Lapangan Aksi Demo Mahasiswa Efi Ardiyanto mengatakan, "disaat nilai Rupiah melemah pada Rp.14.367,- per Dolar AS. Pemerintah mengeluarkan LPG 3 Kg Non Subsidi yang biasa disebut LPG3 Kg Bright Gas, digadang-gadang LPG 3 Kg Non Subsidi ini bakal diperuntukan kepada Masyarakat ekonomi menengah keatas, namun disparitas harga yang tinggi dibandingkan dengan LPG 3 Kg Subsidi atau sering disebut "Melon" memungkinkan hadirnya para mafia yang dengan tidak bertanggung jawab menyalah gunakannya", ungkapnya.

Ditambahkan Efi ardianto, "Meskipun Pemerintah menyampaikan bahwa LPG 3 Kg Non Subsidi ini diperuntukkan kepada masyarakat kelas ekonomi menegah keatas, sementara LPG Subsidi diperuntukan kepada masyarakat kelas ekonomi menengah kebawah, namun penyaluran
Subsidi kerap kali tidak tepat sasaran", Imbuhnya.

Pemerintah berjanji untuk tidak mengurangi Stock LPG 3 Kg subsidi hijau (melon). Namun dengan penyaluran Gas Subsidi yang tidak tepat sasaran dan disparitas harga yang tinggi memungkinkan masyarakat kelas ekonomi menengah keatas menggunakan LPG subsidi yang
berimbas pada masyarakat dengan kelas ekonomi menengah kebawah kehabisan sehingga tidak ada pilihan lain masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah beralih ke LPG Non subsidi dengan harga yang relative lebih tinggi stock gas.

Selain itu masyarakat diresahkan dengan adanya mafia yang bias saja muncul memain aksinya dengan secara tidak langsung mengurangi stock LPG Subsidi secara perlahan dan tidak disadari sehingga masyarakat kelas ekonomi menengah kebawah benar benar kesulitan mencari LPG Subsidi.

Dengan begitu jelas terasa penderitaan rakyat yang semakin menjadi, terlebih Pemerintah juga menaikan harga BBM non subsidi seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan pertamina dex yang mana dengan alasan yang sama, yaitu diperuntuk kepada masyarakat ekonomi kelas menengah keatas, lagi-lagi berdalih demi kesejahteraan membuka peluang bagi kesengsaraan masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Atas nama Mahasiswa Pringsewu Bersatu mengajak seluruh Mahasiswa
Dan Elemen masyarakat untuk turut menyatukan suara menyampaikan Asporasi Sebagai Berikut;
1. menolak gas LPG non subsidi
2. Jika Pemerintah Keberatan dengan mencabut LPG non subsidi, kami mendesak Pemerintah untuk mengeluarkan Peraturan terkait diperuntukan nya gas LPG 3 KG non subsidi untuk masyarakat ekonomi menengah kebawah secara jelas dan tegas.
3. Mendesak Pemerintah menjamin tersedianya LPG 3 Kg subsidi bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

4.Mendesak Pemerintah mengeluarkan peraturan terkait diperuntukannya BBM non subsidi untuk masyarakat ekonomi M
Menengah keatas dan BBM subsidi untuk masyarakat ekonomi menengah kebawah secara jelas dan tegas.

"Inilah tuntutan kami yang kami tujukan kepada Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat", ungkap Efi Ardiianto Korlap aksi demo mahasiwa yang mengatas namakan Mahasiswa Prngsewu Bersatu.

Anggota DPRD Pringsewu Fraksi Gerindra, Rahwoyo pada saat meneeima mahasiswa mengapresiasi aksi yang di gerakan oleh Mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa pringsewu Bersatu.

Rahwoyo juga mempersilahkan para pendemo untuk masuk ke Gedung Dewan untuk mengecek anggota Dewan yang hadir.

Dikarenakan pada saat ini ada Anggota Dewan yang lagi Kunjungan Kerja (Kungker) dan ada yang sedang mengurus persyaratan untuk pencalonan kembali makanya yang hadir hanya dirinya sendiri.

Rahwoyo juga berjanji kepada para pendemo untuk menindaklanjuti aksi yang di gelar oleh mahasiswa dan melaporkan kepusat melalui Fraksi Gerindra di DPR RI, ungkap rahwoyo.

Disamping itu, Rahwoyo berjanji akan menjawab semua tuntutan mahasiswa pada selasa depan tanggal (17/7/2018).

"Dan saya mengucapkan terimakaaih kepada seluruh elemen Mahasiswa yang sudah menyalurkan aspirasinya dengan damai dan tertib, aksi ini akan saya laporkan kepada Ketua DPR Pringsewu dan akan di agendakan nanti untuk menjawab tuntutan Mahasiswa", jelas Rahwoyo.

Penulis : Nanang Siswanto
Editor    : Chandra Foetra S

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.